Belajar SEO Gratis! –  Siapa yang tertarik untuk belajar lebih search engine optimation atau SEO gratis? Bingung ingin memulainya di mana sedangkan kita tidak mungkin mendaftar di sekolah khusus SEO berbayar?

Nah, kalian bisa memanfaatkan layanan pembelajaran SEO  secara gratis untuk sementara ini. Namun, tentunya yang berbayar dengan yang gratis akan berbeda.

Nah sebelum kita mulai mempelajari SEO Gratis tersebut, kita haruslah tahu terlebih dahulu. Apa itu SEO atau search engine optimation.

SEO atau kepanjangannya search engine optimation adalah serangkaian proses yang dilakukan untuk meningkatkan aktivitas yang ada di salah satu web.

.Atau bisa juga dengan diartikan memaksimalkan kinerja, kualitas blog atau website menjadi lebih baik lagi. Yaitu dengan menaikkan jumlah trafik pengunjung terhadap blog.

Dengan kita mempelajari SEO dari internet setidaknya kita memiliki pemahaman dasar tentang apa itu SEO untuk kepentingan blog yang kita miliki.

Untuk melakukan SEO sendiri kita dituntut untuk menerapkan cara yang benar ditambah dengan panduan webmaster tool dari Google dan pendukung lainnya.

Sedangkan tujuan utama dari SEO adalah menjadikan situs tayang berada di halaman pertama atau rangking top di mesin pencari.

Mesin pencari sendiri bukan hanya Google, melainkan banyak, seperti Bing, Yahoo, dan lain-lain. Sehingga website milikmu akan mudah ditemukan di saat seseorang menjelajah internet.

Belajar SEO gratis dari internet ini hanya memberikan teori dan teknik dasar, untuk lebih meningkatkan pengetahuan, kamu memang harus dan diwajibkan untuk mengikuti kelas Kursus SEO.

Karena tentu yang namanya ilmu SEO itu fleksibel, akan berubah seiring dengan perkembangan internet dan algoritma mesin pencarinya.

Secara umum, teknik SEO terbagi menjadi tiga. Yaitu riset keyword atau kata kunci, SEO on page, dan terakhir ada SEO off page. Apa sajakah itu?

Teknik Dasar Belajar SEO Gratis

belajar seo gratis

Penjelasan dari teknik dasar belajar SEO Gratis yang pertama adalah keyword atau kata kunci. Ini merupakan tahapan dasar dalam proses SEO untuk mencari phrasa, kata kunci potensial yang akan dioptimasi lewat SEO sebagai acuan dalam membuat isi konten sehingga halaman yang diinginkan akan muncul di halaman teratas dan mampu meningkatkan trafik atau keutungan bisnis.

SEO on page ini merupakan optimasi dari dalam. Seperti server, platform CMS, konten, navigasi situs, speed loading, dan lain-lain.

Sedangkan SEO off page adalah memaksimalkan potensi dari luar yang tidak berhubungan langsung dengan halaman website, contohnya link building, sosial signal, branding, dan lain-lain.

Selain itu, yang akan kita pelajari dalam mempelajari SEO Gratis  adalah pentingnya untuk mengetahui perihal domain dan hosting. Apa itu domain dan hosting?

Domain sangat berpengaruh dalam keberhasilan membangun sebuah brand kemudian untuk mengoptimalkannya menggunakan SEO.

Nah, domain ini haruslah relevan dengan topik yang coba dihadirkan oleh website. Sedangkan hosting atau web hosting ini dituntut untuk memiliki performa yang bagus, kecepatan dan secure dalam penggunaan SEO.

Langkah awalnya kamu bisa menggunakan hosting termurah yang disediakan provider-provider ternama.

Lalu, kriteria apa yang masuk dalam spesifikasi dan jenis server hosting yang bagus untuk SEO? Kecepatan atau speed loading website menjadi salah satu faktor penting dalam memaksimalkan kinerja dari penerapan SEO.

Untuk kisaran waktu yang diperlukan untuk membuka blog dengan cepat adalah antara satu sampai tiga detik. Maka dari itu, penting sekali untuk kamu yang sedang memperdalam SEO agar mendalami dasarnya terlebih dahulu.

Nah, salah satu platform yang sangat mendukung optimasi SEO total adalah CMS WordPress. Salah satu cara mudahnya adalah dengan menggunakannya alias membuat blog dengan platform wordpress. Dengan menggunakannya, kamu bisa memaksimalkan SEO dari hosting, template, dan plugin SEO.

Saya tidak merekomendasikan platform lain karena akan ada batasan-batasan fitur tertentu. Untuk itu, wordpress merupakan platform terbaik untuk kamu mulai mempelajari SEO.

Nah, berikut ini saya berikan materi wordpress yang saya ketahui sehingga fitur SEO semakin lengkap dan maksimal.

Platform Belajar SEO Gratis

teknik belajar seo gratis

Jika tadi saya menyebutkan platform terbaik untuk mempelajari SEO Gratis adalah wordpress, maka saat kamu masih menggunakan platform lain, segeralah pindah menggunakan wordpress. Ini dimaksudkan agar kamu mendapat ful kontrol secara lengkap dan belajar lebih mendalam dalam dunia blogger.

Template atau tema WordPress yang mendukung SEO bisa kamu pilih di direktori resmi yang disediakan platform atau bisa juga membelinya.

Catatan penting yang harus kamu tahu adalah AMP for mobile speed digunakan untuk website dengan kategori berita atau news atau blog informasi.

Selain itu, dalam mempelajari SEO kamu juga harus tahu plugin yang ada. Di antaranya all in pack and SEO, WP super cache, SEO friendly image, speed booster pack.

Nah, itulah sedikit pengetahuan yang harus kalian ketahui tentang SEO, pendukungnya. Saat ini, mari kita lanjutkan ke teknik SEO yang sudah saya sebutkan. Yaitu riset keyword, SEO on page, dan SEO off page.

Keyword research menjadi salah satu bagian penting dalam mempelajari SEO lanjutan dan strategi SEO. Di mana proses ini adalah mencari kata kunci potensial atau sama dengan yang memberikan peluang volume pencarian tinggi dan rendah persaingan atau kompetisi.

Konsep dasarnya tentu saja mencari kata kunci yang memiliki volume tinggi dan sering dicari orang melalui mesin pencari, khususnya adalah Google.

Pada tahap belajar lanjutan riset keyword kamu harus benar-benar serius sehingga mendapatkan hasil maksimal untuk trafik atau konversi dari penjualan.

Jangan sampai langkah ini kamu lewati begitu saja karena akan mengakibatkan bias untuk dirimu. Di mana tanpa adanya riset kata kunci yang mendalam ibarat ucapan tanpa dibarengi dengan data yang valid.

Alhasil, bisa saja blog atau website tayang di halaman pertama mesin pencarian tetapi trafik atau PV blog yang didapat adalah nol tanpa adanya data analisa planning waktu mendatang.

Catatan, poin terpenting dalam mempelajari SEO Gratis tahap awal adalah teknik riset kata kunci. Ini akan menjadi pondasi dasar dari keberhasilan blog mendatangkan trafik melimpah secara tertarget atau tujuan lainnya.

Selain itu, penting pula untuk membuat konten yang SEO friendly. Intinya adalah bagaimana kita menyajikan karya melalui konten atau artikel terbaik, lengkap, unik, dan menarik plus memberikan informasi yang bermanfaat untuk pengunjung blog.

Sedangkan optimasi SEO lainnya akan menjadi pendukung sehingga tercipta satu kesatuan yang kuat atau orang menyebutnya dengan good SEO.

Formula yang tepat dalam membuat intisari konten adalah judul, tagline, subtitle, isi atau konten, gaya bahasa, kemudian media pelengkap.

Selain itu, kita pun harus mempelajari websmaster tools atau Google console, panduan Google analytics, dan fitur-fitur lainnya. Sehingga materi belajar SEO gratis kali ini lebih mendalam kalian pahami. Ingat, kuncinya orang sukses adalah mau belajar. Untuk itu, tidak ada salahnya kita terus belajar untuk makin baik lagi.


Klik Daftar Untuk Kursus SEO

daftar-sekarang