Belajar SEO untuk Pemula – Kamu memiliki sebuah website dengan tujuan khusus dan membutuhkan banyak pengunjung dalam jangka panjang?

Kalau iya, kamu wajib tahu apa itu SEO atau search engine optimation. SEO adalah teknik pengoptimalan kinerja dari sebuah website agar mendapatkan peringkat yang baik di mesin pencari seperti Google. Sayangnya, pemula tidak tahu mengenai ini.

Mengapa pemula tidak tahu dan bahkan cenderung tidak mau mempelajarinya? Karena saat kamu mempelajarinya kamu akan menemukan istilah-istilah baru dan teknik-teknik yang tidak akan diajarkan di sekolah umum.

Akibatnya juga, sebagian orang yang tidak mengerti menganggap SEO adalah hal aneh. Kalian tenang saja, dalam artikel kali ini, saya akan membahas tata cara belajar SEO bagi pemula yang tentunya akan sangat mudah kamu pahami.

Mungkin saat ini kamu benar-benar nol pengetahuannya akan SEO, tetapi percayalah. Di akhir bacaan kalian akan memiliki sedikit ilmu SEO  untuk pemula ini dan menerapkannya untuk keuntunganmu. Nah, jika kamu sudah memahaminya, kamu bisa mendalaminya.

Baiklah, artikel kali ini akan mempelajari konsep dasar dari SEO. Namun sebelumnya, mari simak beberapa hal berikut ini agar kamu lebih memahami mengapa harus SEO.

Penting Belajar SEO Untuk Pemula

belajar seo untuk pemula

Perlukah belajar SEO untuk website yang kamu miliki. Mengapa belajar SEO penting. Kita harus tahu alasannya terlebih dahulu sebelum memilih untuk belajar memahaminya.

Pelajaran pertama saat belajar  SEO adalah konsep dasar dari SEO. Tahukah kalian apa itu mesin pencari?

Ibaratnya, jika kalian membutuhkan informasi, jalan paling mudah adalah dengan mencarinya melalui internet, tapi menggunakan apa? Google? Nah, Google ini adalah mesin pencari atau search engine. Hampir semua orang Indonesia, bahkan seluruh dunia menggunakannya.

Itulah sebabnya, mesin pencari mampu mendatangkan banyak orang ke website khusus. Lagi … mesin pencari akan mengirimkan pengunjung dengan kualitas baik.

Misalnya saja kamu memiliki website online shop yang menjual produk atau jasa, maka orang-orang yang datang dari mesin pencarilah yang mempunyai potensi membeli produk tersebut. Bahkan, kualitas trafiknya menempati posisi kedua terbesar setelah email.

Maka dari itu, digital marketer seringkali memanfaatkan teknik SEO dalam strategi pemasaran produknya. Bukankah ini cukup penting belajar SEO bagi pemula?

Klik Daftar Belajar SEO Untuk Pemula

daftar-sekarang

 

Kesimpulannya, belajar SEO bisa meningkatkan volume pengunjung dari mesin pencari dan kualitas pengunjung yang didatangkan pun sudah terbukti baik.

Perlu diketahui, tidak semua website membutuhkan teknik SEO. Ini karena tidak semua website membutuhkan pengunjung dari mesin pencari alias ada beberapa jenis website yang kurang efektif kalau memanfaatkan strategi SEO.

Mesin pencari seperti Google hanya akan menampilkan daftar website sesuai kata kunci yang dimasukkan oleh orang yang mencari informasi tersebut.

Artinya, kamu akan mendapatkan pengunjung apabila kata kunci yang ada di website milikmu juga diinginkan oleh orang lain.

Coba bayangkan website berikut ini, website yang berisi humor atau hiburan, blog personal, cerita fiksi. Jarang bukan orang mencari konten dari website jenis itu.

Maka dari itu, strategi pemasaran utama mereka bukanlah SEO, melainkan sosial media marketing atau iklan berbayar, dan teknik lain. Namun, bukan berarti kalian tidak boleh mempelajari SEO.

Jadi, perlu diingat ya, jika website yang kamu miliki jarang dicari di mesin pencari, tidak wajib untuk mempelajarinya.

Nah, jika kamu memiliki blog dengan jenis blog profesional, website bisnis, affiliate dan CPA marketer, online shop, dan lain-lain. Minimal kalian harus tahu dasar-dasarnya.

Apa alasan kita mempelajari SEO untuk pemula? Alasannya adalah calon kustomer, pelanggan, dan pengguna mereka banyak yang menggunakan mesin pencari untuk memudahkan mencari yang diinginkan. Teknik SEO menjadi satu faktor utama dalam kesuksesannya. Lalu, apa itu SEO dan konsep dasarnya?

SEO atau search engine optimation adalah usaha-usaha yang dilakukan untuk mengoptimasi website untuk mesin pencari agar mendapatkan peringkat lebih baik di hasil pencarian atau SERP.

Ada banyak faktor yang digunakan oleh mesin pencari untuk menentukan website apa yang akan dimunculkan di dalam daftar hasil pencarian. Seperti tingkat relevansi website dan kualitas website.

Nah faktor-faktor yang mempengaruhi hasil pencarian tersebutlah yang melatarbelakangi SEO. Untuk itu, pentingnya kita mempelajari SEO langsung dari ahlinya.

Mesin pencari menggunakan algoritma tertentu untuk mengurutkan website-website berdasarkan rangking dan algoritmanya akan selalu berubah seiring dengan perkembangan internet. Otomatis, teknik SEO pun harus menyesuaikan.

Dengan menggunakan SEO, maka kita mencoba menjalin hubungan persahabatan dengan algoritma mesin pencari. Atau bisa juga disebut dengan SEO friendly.

Pelatihan SEO Untuk Pemula

Penting belajar seo untuk pemula

Menurut data yang diterbitkan oleh Google, website menempati peringkat pertama sampai ketiga dalam mendapatkan total klik kumulatif sebesar 50 persen lebih.

Dari data tersebut menunjukkan bahwa pentingnya mempelajari SEO bagi para pemula dan diterapkan dalam website milikmu. Dengan bantuan SEO, mendapatkan pengunjung hingga ribuan per hari bukan lagi menjadi masalah besar.

Selain itu, pengunjung yang datang dari mesin pencari adalah orang-orang yang harus akan informasi dan ingin membeli produk. Inilah peluang kamu yang memiliki website online shop. Karena pengunjung dari mesin pencari memiliki konversi rate terbesar.

SEO juga merupakan salah satu dari inbound marketing, yaitu metode pemasaran di era modern ini. Pemasaran inbound juga memakan biaya terkecil dibandingkan dengan pemasaran cara tradisional.

Nah, seperti yang sudah saya jelaskan di awal. Mesin pencari adalah sebuah produk, mereka ingin supaya orang lain atau pengguna internet merasa puas dengan layanannya.

Pengguna menginginkan website terbaik yang relevan dengan pencarian muncul di halaman utama. Karena itu, mesin pencari selalu ingin menampilkan hasil terbaik untuk setiap kata kunci yang diketikkan pengguna.

Jadi, inti dari SEO adalah jadikan website milikmu terbaik untuk kata kunci yang diinginkan. Nah, terbaik dalam hal apa? Untuk itu, mempelajari SEO mambantumu mengetahui jawabannya.

Jadi, website terbaik yang dibutuhkan adalah dalam hal konten yang disajikan, struktur dan navigasi, kepuasan pengguna atau user experience dan popularitas. Pertanyaannya, biasakan website sukses tanpa SEO?

Sebenarnya, jika kalian memahami apa yang saya tuliskan di atas. Kamu tidak perlu pusing memikirkan SEO, karena tidak semua website yang sukses menggunakan teknik SEO. Bahkan ada yang tidak mengerti sama sekali akan SEO.

Karena saat ini mesin pencari sudah pintar dalam mengasumsikan struktur halaman dan kualitas dari website. SEO saat ini dalam prakteknya lebih dominan sebagai usaha pemasaran daripada teknikal.

Sehingga, panduan mempelajari SEO bagi pemula ini sangat cocok dipakai untuk para digital marketer.

Kita tentu tahu, bahwa banyak layanan yang menawarkan jasa SEO. Namun sesungguhnya, kita sendiri pun bisa melakukannya.

Yaitu dengan menguasai teknik-teknik SEO. Saat ini, sudah banyak sekali panduan belajar SEO untuk pemula, dengan kamu belajar di Laskarseo kamu bisa mempelajari SEO dengan metode yang mudah dipahami dan kamu bisa langsung mengaplikasikannya dalam website milikmu.

Klik Daftar Sekarang

daftar-sekarang