4 Cara Ampuh Mudah Belajar SEO | Laskarseo.com
Home » Blog » SEO » Belajar SEO

Belajar SEO

Belajar-Seo

Tips belajar SEO untuk pemula.

Hallo! Sebelumnya mohon izinkan untuk memperkenalkan diri terlebih dahulu. Nama saya Ahmad Rosadi, biasa dipanggil Ahmad. Saya berasal dari Bandung, yang kemudian merantau ke Bogor untuk fokus mendalami dunia digital marketing (khususnya SEO).

Setelah 1 tahun belajar SEO. Saya diberikan kesempatan untuk menangani langsung beberapa website untuk dioptimasi. Hingga saat ini, alhamdulillah website-website yang saya tangani bisa berhasil naik di halaman 1 Google dengan beberapa kata kunci tertentu.

Nah, pada edisi kali ini saya ingin sharing kepada Anda tentang pengalaman saya belajar SEO, hingga bisa berhasil mengoptimasi website masuk di halaman 1 Google.

Untuk Anda yang sudah memiliki niat/keingin belajar SEO, mungkin dengan sedikit pengalaman ini bisa memberikan gambaran tentang bagaiman sih belajar SEO itu, hingga bisa berhasil mengoptimasi website masuk di halaman 1 Google.

Sebelum membahas lebih jauh tentang SEO. Kita cari tahu dulu, yuk! sebetulnya apa sih pengertia SEO itu sendiri?

Bagi Anda yang sudah berkecimpung di dunia SEO, tentu saja saya tak perlu repot-repot harus menjelaskannya kembali apa itu SEO. Tapi, untuk Anda yang belum pernah belajar SEO, mungkin perkara ini perlu saya jelaskan agar nantinya Anda tidak kebingungan.

Pengertian SEO.

Belajar-seo-terbaru

Kata SEO merupakan singkatan dari Search Engine Optimization. Yang artinya optimasi mesin pencari. Wah, apa lagi itu maksudnya? Hehe…, Anda masih bingung-kan? Atau, dalam istilah sederhananya gini aja deh, SEO adalah suatu cara atau strategi untuk menaikan website tembus di halaman 1 Google.

Apakah Belajar SEO Penting?

Banyak orang mengira bahwa ketika seseorang mencari sesuatu di Google dengan mengetikan kata-kata tertentu, kemudian website-website yang muncul di halaman pertama Google, itu tiba-tiba bisa muncul begitu saja.

Padahal sejatinya, semua website yang berhasil muncul di halaman tersebut, tak lantas bisa muncul begitu saja. Itu semua karena berkat dari hasil optimasi SEO yang mereka kerjakan.

Nah, jadi kembali lagi kepada pertanyaan tadi. Jika Anda ingin memiliki website, entah itu website bisnis, website jualan, website blog, dll. Dan ingin bisa nongkrong di halaman 1 Google, ketika orang-orang mengetikan sesuatu yang berkaitan dengan isi website Anda. Pastinya, belajar SEO itu sangat penting untuk ditekuni.  

Pentingkah Website Muncul di Halaman 1 Google?

Oke, sepertinya pertanyaan ini sangat menarik untuk sedikit saya ulas. Begini, di era zaman yang serba teknologi ini, semua orang di penjuru dunia termasuk di Indonesia salah satunya, hampir 98% mereka mencari berbagai macam kebutuhannya rata-rata menggunakan internet.

Dan tahukah Anda, lebih dari 80% rata-rata mereka menggunakan mesin pencari seperti Google. Kemudian mereka akan mencari serta membuka website siapa saja yang berhasil masuk di halaman 1 Google. Setelah berhasil menemukan apa yang dicari, mereka akan melakukan transaksi dengannya.

Nah, seandainya jika website yang muncul di halaman pertama itu adalah website milik Anda, kira-kira bisa kebayang nggak, berapa pengunjung yang akan masuk di website setiap hari?

Pastinya semakin banyak dong, betul tidak? Dan jika website Anda banyak dikunjungi orang, dengan otomatis penjualan pun akan semakin laris.

Maka, jika ditanya website muncul di halaman 1 Google penting atau tidak?

Jawabannya Sangat Penting Sekali!!

4 Cara Ampuh Mudah Belajar SEO.

Baik, setelah Anda menyadari bahwa belajar SEO itu penting. Lantas, bagaiman caranya agar seseorang itu bisa menjadi praktisi SEO? Untuk menjawab pertanyaan ini, sebetulnya bisa dikatakan gampang-gampang susah sih.

Emang, kenapa bisa demikian? Sebab, jika berbicara tentang SEO, hal tersebut tak bisa lepas dari tiga hal. Dan jika tiga hal ini bisa Anda pelajari dan berhasil dikuasai dengan baik, sangat besar kemungkinan Anda bisa menjadi praktisi SEO profesional.

Lalu, apa saja ketiga hal itu? Sabar…, berikut di bawah ini akan saya paparkan khusus untuk Anda yang serius ingin belajar SEO.

1. Ilmu SEO.

Hal yang pertama harus Anda kuasai adalah ilmu SEO. Baik dari mulai riset keyword, membuat website yang disukai oleh Google, SEO on-page, SEO off-page, optimasi konten, dll.

a. Riset keyword.

Riset keyword (riset kata kunci) merupakan perkara yang sangat penting dalam dunia SEO. Riset keyword diperuntukan dalam pembuatan konten untuk website. Akan menjadi kesalahan yang fatal jika membuat konten tampa riset keyword.

Sebab, riset keyword selain membantu dalam optimasi website, juga membantu agar Anda mengetahui ‘kata kunci’ apa saja yang paling banyak dibutuhkan oleh pengguna internet. Dan biasanya semakin banyak ‘kata kunci’ itu dicari, maka biasanya akan lebih sulit untuk ditaklukan.

Tak hanya itu saja, dengan riset keyword Anda akan mengetahui seberapa besar persaingan dari ‘kata kunci’ yang akan Anda buat artikel nantinya. Dengan alasan itulah, dalam belajar SEO, bab ini menjadi pelajaran yang sangat penting dan tak boleh Anda tinggalkan.

Cara untuk riset keyword, Anda bisa melakukannya dengan dua cara yaitu pertama Anda bisa menggunakan tools ubersugest, kemudia yang kedua Anda bisa menggunakan Google Keyword Planner. Untuk mengetahui lebih detailnya, bisa Anda cari dan ketikan saja di Google.

b. Membuat website.

Langkah selanjutnya yaitu membuat website. “Ya, udah pasti dong.” Belajar membuat website sangatlah penting untuk Anda kuasai. Pada sesi ini saya akan sedikit ulas langkah-lang dalam membuat website.

Banyak orang yang beranggapan bahwa, membuat website itu sangat sulit karena setidaknya Anda harus menguasai coding atau programming. Namun, ternyata setelah saya pelajari, untuk membuat website tak sesulit yang mereka banyangkan, lho. Terus, gimana caranya? Berikut saya jelaskan di bawah ini.

Tentukan Topik

Sebelum memutuskan untuk membuat website, pastikan Anda sudah memilih topik atau tujuan dalam membuat website. Kenapa demikian, supaya kedepannya Anda tidak kebingungan dalam mengelola website tersebut.

Jika ingin membuat website untuk bisnis maka pastikan bisnis apa yang mau Anda fokuskan dalam website itu.  Jika Anda sudah menemukan topik yang pas sesuai keinginan maka masuk ke langkah berikutnya. 

Gunakan WordPress

Langkah paling mudah dalam membuat website. Anda bisa menggunakan WordPress. Kenapa demikian. Sebab dengan menggunakan WordPress, Anda tak perlu repot-repot harus menguasai coding atau programming, Anda cukup setting sesuai yang diinginkan dengan mengikuti petunjuk dan arahan yang sudah ada.

Dengan menggunakan WordPress setidaknya Anda akan mendapatkan beberapa keuntungan seperti, mudah diinstal, Ideal dan sangat cocok untuk individu yang tidak jago IT. Komunitasnya sangat besar dan bersifat open source.

Register Nama Domain dan Hosting

Kemudian register domain serta hosting terbaik sesuai kebutuhan Anda. Sebagai saran, dalam memilih hosting, pastikan hoting yang dipilih sudah memenuhi tiga kateria ini. Pertama kecepatan load yang baik (tidak lelet), dapat diandalkan, memiliki keamanan yang tinggi.

c. SEO on-page.

Agar lebih maksimal dalam optimasi website. SEO on-page menjadi salah satu faktor yang dapat mempengaruhi dalam optimasi website. Nah, apa itu SEO on-page?

SEO on-page adalah suatu faktor yang dapat menentukan teroptimasi atau tidaknya website tersebut oleh mesin pencari, hal ini bisa diketahui dari dalam website itu sendiri.

Hal ini bertujuan agar mesin pencari seperti Google mengetahui bahwa apakah website Anda sudah relevan/sesuai dengan yang dicarikan oleh user atau belum. Sehingga faktor ini sangat menentukan kualitas website dalam posisi peringkat di halaman Google. 

d. SEO off-page.

Belajar SEO off-page. Pengertian dari SEO off-page sebetulnya tidak jauh berbeda dengan SEO on-page. Namun, perbedaannya adalah SEO off-page merupakan langkah-langkah optimasi SEO yang bisa Anda lakukan di luar website atau konten.

e. Optimasi konten.

Buat artikel/konten sesuai dengan keyword yang sudah Anda pilih. Jangan lupa keyword yang dipilih sudah relevan dan banyak orang yang nyari. Supaya konten tersbut berhasil naik ke halaman 1 Google, buatlah konten yang sudah memenuhi standar SEO friendly. Untuk lebih jelasnya akan saya bahas di bawah ini.

2. Skill Menulis.

Hal kedua yang harus Anda kuasai yaitu skill menulis. Sebagaiman yang telah saya ketahui bahwa dunia SEO tidak bisa lepas dari dunia tulis-menulis. Apalagi dengan algorima Google saat ini, yang selalu berubah-rubah. Update artikel merupakan sesuatu keharusan bagi pemilik website.

Disinilah kemampuan menulis Anda sangat diperlukan. Oleh sebab itu, jika Anda ingin terjun di dunia SEO, pastikan Anda menyukai dunia tulis-menulis.

Tak cukup sampai disitu, hanya sekedar bisa menulis saja tidak cukup. Sebab artikel yang dibutuhkan dalam optimasi sebuah website tentu ada kateria dan standar dari Google yang harus dipenuhi. Jika tidak, jangan salahkan apabila website Anda sulit masuk halaman 1 Google.

Lalu, artikel seperti apa yang diinginkan oleh Google? Ya, tentu saja artikel tersebut sudah memenuhi strandar artikel SEO Friendly.

Gamabarannya kasarnnya seperti ini, pastikan dalam memilih keyword yang mau dibuat artikel sudah tepat. Pastikan artikel yang Anda buat sudah menjawab para pencari. Pastikan artikel yang Anda buat harus layak baca. Buat sudut pandang yang berbeda serta unik. Tulis artikel tersebut dengan spesifik. Panjang artikel sangat berpengaruh terhadap optimasi website, semakin panjang semakin bagus.

3. Strategi Pemasaran.

Hal yang ke tiga yaitu menguasai strategi pemasaran. Dalam dunia SEO strategi pemasaran merupakan hal yang saling berkaitan. Dimana Anda dituntut untuk mengetahui dan menganalisa peluang bisnis yang ingin Anda jalankan. Agar nantinya Anda mampu mengendalikan pesaing-pesaing yang sewaktu-waktu siap melengserkan website bisnis yang sedang Anda tangani.

4. Banyak Praktek!!

Praktek? …., iya! Praktek. Tanpa praketek mustahil bisa.

Manfaat Belajar SEO.

1. Bisa bersaing dengan perusahaan besar.

Saat ini, sudah zamannya era digital. Jadi meskipun bisnis Anda masih dalam proses berjalan untuk berkembang. Anda tak perlu cemas dan khawatir. Karena dengan menggunakan SEO, Anda bisa bersaing dengan bisnis-bisnis besar. Apalgi jika kompetitor Anda belum menggunakan teknik SEO, tentu hal tersebut bisa menjadi keuntungan bagi Anda. 

2. Tepat sasaran/akurat.

Manfaat dari belajar SEO selanjutnya yaitu bisa tepat sasaran. Kenapa demikian? Karena sebelum kita membuat konten atau artikel penawaran produk yang kita jual, tentunya kita akan merisetnya terlebih dahulu, jadi kita sudah mengetahui terlebih dahulu keyword mana yang kira-kira bisa menghasilkan traffic tinggi dan menjual. Setelah artikel penawaran yang kita buat masuk di halaman 1 Google.

Dengan otomatis yang mencarinya pun hanya orang-orang yang benar-benar membutuhkan terhadap produk kita. Jika orang yang tidak memiliki kebutuhan dengan produk yang kita tawarkan, tidak mungkin website Anda akan muncul.

3. Mendatangkan traffic potensial.

Disinilah enaknya menggunakan teknik SEO dalam berbisnis. Seiring dengan website berhasil naik di halaman pertama Google, tinggat traffic pengunjung potensial semakin tinggi. Apalgi produk yang Anda jual memang paling banyak dicari orang. Kekayaan hanya tinggal menunggu hitungan waktu.

4. Bisa buka 24 jam.

Keuntungan menggunakan teknik SEO ketimbang dengan yang lain di antaranya Anda bisa buka toko 24 jam full. Jika Anda menggunakan iklan seperti Google ads, facebook ads, instagram, dll. Mungkin, Anda bisa membuka layanan 24 jam full, namun budget yang harus Anda keluarkan otomatis jauh lebih besar, dan jika budget tersebut habis iklan pun pasti mati. Tapi dengan menggunakan strategi SEO, Anda bisa membuka layanan 24 jam full tanpa mengeluarkan budget.

5. Meningkatkan penjualan.

Sudah sedikit saya singgung di awal bahwa dengan mempelajari seo Anda tentu bisa mendapatkan banyak keuntungan. Salah satunya yaitu meningkatkan penjualan. Sebab, dimasa sekarang orang-orang pada umumnya sebelum membeli produk yang diinginkan, biasanya mereka mencari dan melihat terlebih dahulu di Google. Dan jika website anda ada di halaman 1 Google, dengan otomatis mereka akan bannya mengunjungi produk Anda.

6. Bisa menjadi investasi jangka panjang.

Mungkin Anda bertanya kepada saya, kenapa bisa menjadi investasi jangka panjang? Apa sebabnya? Jadi begini, jika Anda beriklan di salah satu media iklan yang berbayar contoh seperti Google ads, untuk produk Anda bisa muncul ketika ada orang yang mencari, maka Anda harus menyiapakan budget sesuai hari yang diinginkan. Semakin lama, otomatis budget pun akan membengkak, jika iklan tersebut tidak dicocoki dengan budget, ya otomatis akan mati.

Tapi, jika Anda menggunakan teknik seo serta memiliki beberapa kata kunci saja yang berhasil masuk di halaman 1 Google, selama kata kunci tersebut masih bertahan di halaman itu, Anda tidak perlu repot-repot mengeluarkan budget, Anda hanya perlu upadate artikel saja itu sudah bagus. Nah, hal inilah yang disebut sebagai iklan gratis. Nongkrong di halaman 1 Google. Jualan laku keras, uang mengalir deras. Ini semua bisa Anda dapatkan hanya cukup dengan duduk-duduk sambil ngopi di rumah. wah sangat mantap bukan?! 

Belajar SEO Kepada Ahlinya.

Untuk menguasai teknik SEO, Anda bisa belajar langsung dengan para pakar SEO yang sudah terbukti berhasil di dalamnya. Jangan hanya sekedar teori, tapi mereka benar-benar ada bukti nyata yang berhasil masuk ke halaman satu Google.

Bagaiman caranya menemukan para pakar SEO terbaik dan profesional? Gamapang! Untuk membuktikan bahwa dia benar-benar pakar dalam dunia SEO, Anda hanya perlu ketikan saja kata kunci pakar SEO Jakarta atau pakar SEO Indonesia. Semua website yang berhasil masuk di halaman 1 Google mereka itulah yang terbaik, karena mereka harus mengalahkan para pakar-pakar seo yang lainnya.

Et! Jangan salah ya, saya tidak merekomondasikan kalau ada kata kunci pakar SEO, kursus SEO, belajar SEO, privat SEO yang berhasil masuk halaman 1 Google, tapi menggunakan iklan Google ads alias berbayar, itu belum bisa menjamin bahwa dia benar-benar pakar dalam bidang SEO, ya. Untuk itu, ambillah yang pasti-pasti saja.

Oke, mungkin itu saja sharing tentang cara belajar SEO dari saya. Semoga apa yang telah saya lakukan ini bisa memberikan manfaat kepada teman-teman semua. Salam semangat.

Belajar SEO terbaru. Belajar SEO pemula. Tempat belajar SEO terbaik

shares