Apakah Edit Judul Artikel Mempengaruhi Peringkat?
Home » Blog » SEO » Apakah Edit Judul Artikel Mempengaruhi Peringkat?

Apakah Edit Judul Artikel Mempengaruhi Peringkat?

Apakah Edit Judul Artikel Mempengaruhi Peringkat?

Pertanyaan.

“Nama: Bahrain

Domisili: Medan

Aktifitas: Pelajar

Assalamu’alaikum mas Defri, saya mau nanya, apakah mengganti/merombak judul artikel mempengaruhi posisi di search engine? Terima kasih…”

Jawab.

Apakah mengganti/merombak judul artikel mempengaruhi posisi di search engine? Maka, jawabannya adalah betul, akan memengaruhi peringkat. Karena kenapa? Begini penjelasannya.

Kalau Anda merombak atau mengedit judul artikel, tentu hal ini akan memengaruhi sekali dari posisi search engine. Apalagi jika mengedit dengan kata kunci yang baru, pastinya sangat berpengaruh.

Sebagai contoh, kata kunci yang kami targetkan di website adalah kursus seo online terbaik di Jakarta, kemudian kami ganti dengan kata kunci privat seo online terbaik di Jakarta. Maka dengan demikian, kata kunci yang kami kejar di judul sebelumnya akan hilang, sehingga peringkat pun akan mengalami penurunan.

Hal ini dikarenakan, kata kunci yang ada di dalam judul merupakan salah satu penilaian google dalam menentukan peringkat. Jika kata kunci yang ada di dalam judul dihilangkan atau dihapus, secara otomatis konten tersebut akan kehilangan satu poin penting dari beberapa poin yang dinilai oleh google.

Meskipun, kata kunci privat dengan kata kunci kursus hampir sama, tetapi hal ini tetap akan memengaruhi hasil.

Lantas, hasilnya seperti apa? Jika memang demikian, maka hasilnya kata kunci kursus seo online akan mengalami penurunan dari peringkat google, yang mungkin saja tadinya berada di posisi pertama, bisa jadi malah jauh merosot dari yang sebelumnya.

Namun, meskipun ada kemungkinan juga untuk kata kunci privatnya bisa saja naik. Hal ini disebabkan karena di judul terdapat kata kunci privat seo online.

Nah, dari penjelasan ini, maka semestinya Anda sudah memiliki kata kunci pasti, dalam artian kata kunci yang mau ditargetkan, jika memang yang ingin ditargetkan kata kunci kursus seo online, sudah semestinya di dalam judul kata kunci tersebut jangan sampai dirubah apalagi dihapus.

Tetapi, akan beda kasus jika kondisinya seperti ini, misal: kata kuci sebelumnya adalah kursus seo terbaik di Jakarta, kemudian kami edit menjadi kursus seo online karena kami ingin menargetkan kata kunci tersebut.

Kemudian apa yang terjadi? Yang terjadi, bisa saja kata kunci tersebut menjadi naik. Kenapa demikian? Sebab, kami mendapatkan pion tambahan, yang mana tadinya di dalam judul tidak terdapat kata online kemudia kami tambah, mengingat kata kunci kursus seo online lebih banyak pencariannya.

Dengan demikian, mengedit kata kunci di dalam judul, pastinnya akan memengaruhi peringkat. Bisa saja peringkatnya menjadi naik, atau bahkan malah menjadi turun. Tergantung cara Anda merubah judulnya seperti apa.

Jika merubahnya dalam rangka mengganti kata kunci yang ingin ditarget karena dirasa kata kunci tersebut berpotensial maka itu jauh lebih bagus. Namun, jika kata kunci sebelumnya sudah bagus dan mengandung kata kunci penjualan kemudian Anda edit dengan kata kunci yang tidak potensial, maka pastinya sangat merugikan sekali. Karena dengannya akan sangat beresiko mengalami penurunan.

Lalu, kasus yang ketiga: jika mengganti kata kunci belakangnya saja tanpa mengubah kata kunci yang ditargetkan, apakah sama akan memengaruhi peringkat?  

Misal: kata kunci utamanya dalah kursus seo online dan judul pertamanya kursus seo online terbaik di Jakarta. Kemudian kami edit dengan kursus seo online dari pakar Indonesia, tanpa menghilangkan kata kursus seo online.

Nah, kalau kasus seperti ini biasanya yang sudah-sudah tidak berpengaruh pada peringkat, yang penting dalam penulisan judulnya jangan kepanjangan, maksimum 60 karakter, agar tidak berpengaruh pada peringkat.

Baik, sekian pembahasan kali ini. Semoga bermanfaat.

shares