Algoritma mesin pencarian semakin berkembang, membuat para pemilik website tidak boleh lengah dalam mengoptimasi situs mereka. SEO WordPress diyakini menjadi salah satu teknik optimasi yang ampuh untuk meningkatkan rating dan kualitas website. Sehingga wajar saja seiring berjalannya waktu, banyak orang yang berminat belajar SEO WordPress untuk pemula sejak awal.

Hal ini dikarenakan ada banyak manfaat yang bisa didapatkan jika belajar SEO menggunakan WordPress sejak dini. Diantaranya para peserta kursus bisa mengoptimasi website mereka dengan langkah optimasi paling update, mendapatkan lingkungan yang sangat strategis untuk belajar terkait SEO, dan lain sebagainya. Ketahui informasi selengkapnya hanya pada artikel berikut ini!

Mari Belajar SEO WordPress Sekarang Juga!

Media mesin pencari memang memudahkan para pengguna internet untuk mendapatkan informasi yang mereka butuhkan dari jutaan website yang ada. Para pemilik website pun tinggal mengoptimasi konten mereka setiap hari dengan memaksimalkan informasi kata kunci pada bagian meta tag. Namun itu dulu, sebelum algoritma mesin pencari semakin berkembang.

Sekarang ini, optimasi website harus dilakukan secara menyeluruh dari berbagai aspek. Sehingga kualitas dari website yang rutin diberi optimasi mesin pencari benar-benar baik dan efektif untuk memberikan informasi yang baik untuk pengunjung internet. Inilah mengapa Anda disarankan untuk belajar SEO menggunakan WordPress sekarang juga.

Selain karena prosesnya yang mudah karena banyak tools optimasi SEO yang gratis di internet, ada banyak tempat kursus yang bersedia untuk menampung para peserta yang ingin belajar SEO sedari awal. WordPress juga merupakan platform yang cukup mudah dioperasikan bagi para pemula yang ingin mengoptimasi website dengan baik.

Apa Saja yang Perlu Disiapkan untuk Belajar SEO?

Belajar SEO WordPress

Ketika ingin belajar SEO WordPress, pastikan untuk menyiapkan berbagai komponen yang diperlukan untuk mempelajarinya. Apa saja berbagai hal yang harus dipersiapkan ketika ingin belajar SEO WordPress?

Berikut ini diantaranya :

  1. Install CMS WordPress pada unit komputer pribadi Anda.
  2. Belilah domain dan hosting dari server yang terpercaya.
  3. Melakukan instalasi berbagai plugin SEO, contohnya YOAST SEO.

Setelah memiliki tiga komponen tersebut, Anda siap untuk belajar SEO WordPress sedari awal dan bersiap untuk memiliki kemampuan optimasi website yang mumpuni. Namun begitu, Anda tetap harus memilih tempat kursus SEO terbaik di Indonesia. Sehingga nantinya ilmu yang Anda dapatkan benar-benar akurat dan sesuai dengan perkembangan algoritma mesin pencarian.

Berbagai Hal yang Harus Dipelajari Ketika Belajar SEO WordPress

SEO WordPress adalah teknik optimasi yang harus dilakukan jika ingin meningkatkan rating website yang berbasis WordPress. WordPress sendiri merupakan aplikasi pengembangan website yang sangat populer di dunia. Sehingga SEO WordPress banyak dipelajari untuk meningkatkan kualitas website di hadapan mesin pencari seperti Google.

Ada berbagai hal yang perlu Anda pelajari ketika ingin mengembangkan skill optimasi SEO WordPress, berikut ini diantaranya :

1. Melakukan pengaturan WordPress

WordPress merupakan aplikasi pengembangan website yang banyak digunakan oleh para pemilik website di dunia. Aplikasi pengembangan website ini memiliki banyak komponen pengaturan yang bisa dikustomisasi sekehendak hati. Oleh karena itulah Anda harus mempelajari WordPress dari awal untuk bisa mengoptimasi situs nantinya.

2. Melakukan riset kata kunci (keyword)

Kata kunci adalah komponen penting yang tidak boleh luput dari optimasi SEO WordPress. Karena kata kunci menjadi komponen penting pembuatan konten yang berbasis SEO. Bagus tidaknya pilihan kata kunci atau keyword yang Anda pakai bisa menentukan tinggi rendahnya rating website Anda nantinya.

Ketika belajar SEO di tempat kursus SEO terbaik seperti LaskarSEO, Anda akan diajari mencari kata kunci dengan tingkat persaingan rendah namun banyak dicari. Sehingga nantinya website Anda bisa muncul di laman nomor 1 Google untuk kategori keyword tertentu. Proses pencarian kata kunci bisa dicari menggunakan berbagai aplikasi gratisan di internet.

3. Membuat konten yang SEO Friendly

Berikutnya, Anda akan diajari cara membuat konten yang benar-benar SEO Friendly atau berbasis SEO. Konten blog yang berkualitas dan disukai oleh Google memiliki kriteria yang cukup rumit. Karena berbagai bagian dari artikel tersebut harus mengandung kata kunci, serta memiliki kata kunci turunan yang menyempurnakan keyword utama.

Selain itu, konten harus memiliki panjang tertentu, yang biasanya berupa konten dengan panjang 1.000 kata. Sehingga informasi yang diberikan pada para pengunjung internet benar-benar efektif dan efisien. Lalu Anda juga akan diajarkan betapa pentingnya menentukan niche sebelum pembuatan konten yang SEO Friendly.

4. Melakukan optimasi gambar

Langkah selanjutnya untuk melakukan optimasi website yaitu dengan mengoptimasi gambar yang diunggah pada website tersebut. Sebuah gambar yang diunggah tanpa optimasi sama sekali bisa menurunkan rating website tersebut. Sehingga sebisa mungkin gambar yang diunggah pada situs harus dioptimasi dengan sebaik mungkin.

Bagian gambar yang harus dioptimasi kala ingin belajar mengoptimasi website yaitu pada bagian ALT Image. Bagian tersebut harus diberi kalimat yang mengandung kata kunci, sehingga nantinya gambar tidak begitu saja disertakan pada website. Kata kunci yang ada pada Alt Image juga membantu memperbanyak density kata kunci pada konten tersebut.

5. Melakukan pengaturan backlink

Pengaturan backlink untuk sebuah website yang berbasis SEO sangat penting untuk dilakukan. Proses mengatur backlink ini dilakukan dengan menyertakan internal maupun eksternal link. Internal link yaitu link yang mengarah pada artikel lain pada website Anda sendiri, sedangkan eksternal link yaitu link yang mengarah pada artikel lain yang relevan dengan artikel Anda.

Proses menanam link untuk website ini begitu perlu dilakukan agar nantinya page authority website Anda meningkat di hadapan mesin pencari. Semakin tinggi skor page authority atau PA dari website tersebut, maka semakin tinggi pula rating dari website tersebut di hadapan search engine.

6. Optimasi YOAST SEO

Selanjutnya, Anda akan diajak untuk mempelajari berbagai hal terkait YOAST SEO. Aplikasi plugin SEO yang satu ini membantu proses menyempurnakan kualitas website, sehingga nantinya website benar-benar memiliki kriteria yang sangat baik dan layak ditempatkan di laman 1 Google.

Berbagai komponen yang termasuk dalam YOAST SEO diantaranya yaitu keyphrase, meta deskripsi, tag, dan slug. Dan masih ada banyak lagi komponen YOAST SEO yang jika dioptimasi akan membuat kualitas website semakin tinggi.

Itulah berbagai hal yang akan Anda pelajari nantinya jika belajar SEO menggunakan WordPress melalui tempat kursus terbaik seperti LaskarSEO. Dengan mempelajari keenam poin di atas, nantinya rating website Anda meningkat dari waktu ke waktu tanpa harus menyewa jasa SEO yang profesional.

Dengan menginvestasikan dana Anda untuk belajar SEO WordPress sejak dini, nantinya Anda bisa menghemat biaya cukup besar yang biasanya harus dikeluarkan untuk sewa jasa SEO tahunan. Segera daftarkan diri Anda pada LaskarSEO, tempat kursus SEO terbaik di Indonesia sekarang juga!