Kupas Tuntas Belajar SEO YouTube Lengkap – Bagi kalian yang bergelut dalam dunia internet marketing tentu sudah tahu betul bahkan fasih akan besarnya pengaruh dan kekuatan dari situs berbagi video YouTube.

Sebagai gambaran, YouTube adalah salah satu situs dengan jumlah pengunjung harian terbesar di bawah Google dan media sosial Facebook dan Instagram.

Selain itu, situs ini juga sukses menempati posisi mesin pencari terbesar kedua setelah rajanya mesin pencari, Google dengan jumlah pencarian mencapai tiga puluh juta pencarian setiap harinya.

Tidak heran dan berlebihan pula jika internet marketing menyebut YouTube sebagai salah satu ladang potensial untuk mengeruk dollar maupun rupiah.

Dari situlah banyak orang mulai berpikir dan mencari tahu seperti apa cara untuk memenangkan pencarian video di sana. Salah satunya tentu melibatkan peran dari search engine optimation atau SEO.

Untuk tekniknya sendiri hampir sama dengan teknik SEO untuk mesin pencarian Google. Namun, bukan berarti metode SEO untuk Google juga akan cocok kita gunakan di YouTube.

Tentu ini akan sangat jauh berbeda. Karena nyatanya ada beberapa trik khusus yang bisa kita gunakan untuk mendapatkan posisi pejwan atau page one di laman hasil pencarian YouTube.

Pada panduan belajar SEO ini, kita akan mempelajari beberapa poin penting untuk bisa memenangkan persaingan di YouTube, apalagi bisa mendapatkan posisi teratas di halaman pertama.

Kalian bisa menerapkan poin-poin penting tersebut dan lihat hasilnya dalam beberapa waktu ke depan. Berikut poin-poin penting tersebut.

Poin-Poin Belajar SEO Youtube

Mencari Video Keyword

Seperti yang sudah saya bilang sebelumnya, pada dasarnya baik SEO mesin pencari Google maupun YouTube tidak jauh berbeda. Tahap pertama dalam belajar SEO adalah mencari keyword atau kerennya sih keyword research.

Bedanya dengan pencarian kata kunci atau keyword dalam SEO Google, di sini kita harus menemukan yang disebut dengan video keyword. Yaitu, sebuah keyword yang tidak hanya dicari melalui situs YouTube tetapi juga bisa muncul pada halaman pertama hasil pencarian Google atau mesin pencari lainnya.

Intinya, baik kamu mencari melalui Google maupun YouTube, video kamu tetap keluar di halaman pertama hasil pencarian.

Secara umum, video keyword dibagi menjadi beberapa tipe. Tipe apa sajakah itu? Tenang, dalam panduan mempelajari SEO YouTube ini akan saya jelaskan.

Pertama ada keyword how to, yang menerangkan tentang cara membuat atau melakukan sesuatu, seperti artinya saja. Kedua, keyword review, keyword yang me-review suatu produk atau sesuatu.

Lalu, keyword tutorial yang menerangkan langkah-langkah atau sebuah proses melakukan sesuatu. Bedanya dengan keyword how to adalah dari pengaplikasiannya. Jika how to adalah seperti membuat kue, tutorial seperti memakai jilbab, dan sebagainya.

Selanjutnya dalam masih berkutat dengan keyword. Yaitu keyword fitness. Umumnya keyword ini berhubungan dengan olahraga atau fitnes.

Kemudian ada keyword funny video. Biasanya video ini berisi tentang video lucu-lucu. Kalian pasti bertanya kan? Mengapa keyword ini begitu penting dalam mempelajari SEO YouTube?

Klik Daftar Untuk Belajar SEO Youtube

daftar-sekarang

Sederhananya, kamu bisa membayangkan jika kamu bisa menemukan sebuah situs keyword yang tidak hanya bisa dicari melalui YouTube tetapi juga bisa dicari melalui mesin pencari lainnya.

Video Anda akan tampil di halaman utama Google atau mesin pencari lain, tentu potensi mendapatkan views dan engagement akan lebih besar, kan?

Bagaimana cara mencari tahu video Keyword? Setelah mengetahuinya, tentu kita harus tahu pula bagaimana cara mencarinya. Dalam panduan belajar SEO YouTube ini saya akan memberikan sedikit penjelasannya.

Cara termudahnya adalah dengan mencari sejumlah keyword yang berhubungan dengan channel YouTube milik kita, yang akan dikembangkan tentunya.

Setelah kita menemukannya, kita bisa langsung beralih ke Google untuk mencarinya. Jika ada video YouTube yang muncul di halaman pertama dalam hasil pencarian Google, maka tak ada salahnya kamu mengembangkan videomu dengan harapan mendapatkan target views lebih banyak.

Catatan penting dalam mempelajari SEO YouTube kali ini adalah usahakan bahwa video keyword tersebut memiliki jumlah pencarian bulanan sedikitnya 300.

Caranya tentu kita bisa melihat melalui fasilitas Google keyword planner atau menggunakan fasilitas pencarian keyword lainnya.

Mengapa harus 300? Karena angka pencarian bulanan atau monthly search 300 itu sudah mempunyai potensi aliran trafik yang bagus. Jika bisa melampauinya tentu akan semakin bagus trafiknya.

Buat Video dan Channel YouTube yang Menarik

belajar seo youtube terbaik

Setalah kamu mengetahui rahasia dari video keyword, langkah berikutnya adalah membuat video dan channel YouTube yang menarik.

Di sini, kita akan membuat kesan baik di mata YouTube lain dan views melalui video serta channel YouTube yang kita buat.

Perlu kamu ketahui, dalam mempelajari SEO YouTube itu bukanlah hal mudah. Misalnya saja berbicara tentang kualitas video. Tidak selalu, video yang bagus direkam dengan alat perekam yang bagus, intinya, bagaimana kita bisa menyuntingnya agar bisa bagus.

Selain itu, kita bisa menggunakan konsep screen capture alias merekam kegiatan di layar komputer atau juga bisa dengan menggunakan video slideshow.

SEO on page

Selanjutnya dalam belajar SEO adalah memperhatikan nama file, judul, deskripsi serta tags dari video yang kita unggah. Untuk deskripsi, kalian bisa menggunakan langkah berikut.

Letakkan link video kita di awal deskripsi, kemudian masukkan beberapa keyword tertarget pada 25 kata awal. Selanjutnya buatlah deskripsi sepanjang 250 kata, bisa lebih panjang.

Tak ada salahnya untuk meletakkan keyword turunan atau LSI untuk memperkaya deskripsi video atau menambahkan link affiliate, atau link lain yang bersangkutan.

Satu tips dari saya, kamu bisa memanfaatkan ekstensi VidiQ. VidiQ akan membantu kita untuk mengetahui informasi terkait sebuah video beserta dengan tags-nya yang digunakan oleh video yang telah menguasai page one untuk hasil keyword tertentu. Nantinya kita bisa menyalinnya atau menyontek.

Promosikan Video

Dalam mempelajari SEO YouTube kita juga harus aktif mempromosikan video. Ini dimaksudkan agar mendapatkan pengunjung lebih banyak. Ingat, bangunlah video serta channel YouTube yang resmi atau white hat.

Saya tidak menyarankan untuk menggunakan jasa jual views, atau menggunakan cara-cara yang termasuk dalam black atau grey hat.

Kalian bisa mempromosikan video kalian melalui teman-teman, forum, dan lain-lain. Pun memanfaatkan adanya sosial media.

Intinya, kita pun harus kreatif dalam mengembangkan channel YouTube kita. Bukan hanya untuk SEO friendly Google, YouTube pun butuh usaha keras untuk masuk ke halaman pertama hasil pencarian.

Ingat, jangan sampai spam ya, guys! Jangan sampai share yang kita lakukan mengganggu kenyamanan orang lain. Nah, lengkap sudah panduan belajar SEO YouTube kali ini. Kalian bisa menerapkan ilmu di atas, kerjakan dengan semaksimal mungkin.

Konsistenlah mengerjakannya dan rasakan hasilnya. Jika kalian punya tambahan tips seputar SEO YouTube, yuk berbagi! Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Dan apabila kalian masih bingung dengan materi yang saya berikan, bisa mnegikuti pelatihan kursus SEO di Laskarseo.

Klik Daftar Sekarang

daftar-sekarang