Contoh Artikel Prediktif

Artikel adalah sebuah karangan yang ditulis dengan tujuan untuk menyampaikan sebuah informasi yang mendidik maupun yang bisa memberikan hiburan kepada para pembaca. Ada banyak jenis – jenis artikel seperti artikel eksposisi, artikel narasi, artikel deskripsi, artikel argumentasi, artikel prediktif, dan masih ada lainnya. Kali ini, kami akan memaparkan secara lengkap pengertian dari artikel prediktif serta contoh artikel prediktif.  

Pada artikel kali ini kami akan memberikan informasi terkait contoh dari artikel prediktif. Namun sebelum mengetahui bagaimana contoh dari artikel tersebut. Ada baiknya Anda juga harus mengetahui pengertian dari artikel prediktif tersebut. Baru setelah itu, Anda memahami contoh artikel prediktif.

Pada jasa penulis artikel, jenis artikel prediktif ini biasanya untuk website dengan konten sharing yang ada didalamnya.

Pengertian Artikel Prediktif dan Contoh Artikel Prediktif

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya  bahwa artikel adalah sebuah karangan yang ditulis dengan tujuan memberikan informasi yang mendidik maupun menghibur. Sedangkan artikel prediktif adalah sebuah karangan yang memaparkan suatu persoalan, baik masalah yang sudah terjadi di masa lalu, yang sedang terjadi, ataupun memprediksikan apa yang akan terjadi jika dilihat dari fakta – fakta yang ada saat ini.

contoh artikel prediktif

Dalam artikel prediktif ini biasanya  berisi karangan yang ditulis oleh penulis yang berisi kenyataan yang terjadi di masa kini, ataupun prediksi peristiwa yang aka terjadi di masa depan. Memprediksi peristiwa dimasa yang akan datang maksudnya bukan meramal, namun memprediksikan yang akan terjadi ini dilihat dari peristiwa yang sedang terjadi saat ini.

Berikut ini adalah struktur dari artikel prediktif dan contoh artikel prediktif:

Judul

Struktur yang paling pertama dalam sebuah contoh artikel prediktif adalah adanya judul artikel. Judul artikel prediktif ini harus mampu menggambarkan keseluruhan isi dari artikel prediktif. Selain itu, judul juga harus semenarik mungkin, agar jika pembaca membaca judul, maka secara otomatis para pembaca sudah bisa memahami kira – kira apa isi dari keseluruhan artikel.

Pembuka

Struktur artikel prediktif selanjutnya adalah adanya sebuah pembuka. Pembuka adalah bagian penting dari suatu artikel  prediktif, dimana dalam pembuka ini memuat fakta yang menjadi pondasi awal artikel, yang dimana fakta ini akan dikembangkan menjadi paragraph selanjutnya dalam sebuah artikel prediktif.

Leher Artikel

Struktur yang ketiga adalah leher artikel. Leher artikel ini merupakan isi dari artikel tersebut. Di mana pada bagian leher ini terdapat pengait atau jembatan menuju inti sebuah artikel.

Isi Artikel

Struktur keempat dan yang paling utama adalah  isi artikel. Dalam isi artikel ini, semua ide dan permasalahan akan dituangkan dalam bentuk tulisan oleh penulis.

Penutup

Srtuktur yang terakti dalam artikel prediktif adalah penutup. Dalam penutup ini berisi rangkumand dari keseluruhan isi dari pembahasan artikel tersebut.

Sudah memahami bukan apa pengertian dari artikel prediktif serta struktur dari artikel prediktif ? Setelah mengetahui pengertian dari artikel prediktif serta strukturnya, kini kami akan memaparkan contoh dari artikel prediktif.

Beberapa contoh dari artikel prediktif adalah sebagai berikut  :

  • Artikel mengenai prakiraan cuaca

Pada artikel ini biasanya penulis memaparkan fakta yang terjadi di lapisan awan. Di mana kondisi awan ini dalam mempengaruhi perubahan dari cuaca.

  • Prediksi lonjakan kasus covid – 19 varian omicron

Pada artikel kali ini penulis membahas mengenai prediksi lonjakan kasus covid -19 varian omicron. Lonjakan ini diprediksikan tentunya tak sembarang, namun dilihat dari fakta yang sedang terjadi saat ini. Misalnya saja, masih bisa terjadi lonjakan kasus jika masyarakat lengah dan masih enggan untuk menjaga protokol kesehatan. Selain itu, hal ini bisa saja terjadi jika masih banyak masyarakat yang belum melakukan vaksin covid – 19.

Padahal tujuan dari dilakukan vaksinasi serentak ini, agar dapat terbentuk herd immunity di masyarakat. Jadi ketika ada virus yang menyerang dapat kalah sendri, karena jumlah manusia yang memiliki kekebalan tubuh lebih banyak.

Berikut Contoh Artikel Prediktif

Setelah mengetahui pengertian dari artikel, artikel prediktif, struktur artikel prediktif. Kini akan dibahas mengenai contoh artikel prediktif. Pada contoh dari artikel kali ini, kami akan membahas mengenai “Prediksi Lonjakan Kasus Covid – 19 Varian Omicron”.

“ Lonjakan Kasus Covid – 19 Varian Omicron”

Pada tahun 2019, dunia mendadak digegerkan dengan adanya virus baru yang sangat mematikan. Virus ini pertama kali ditemukan di negara China tetapnya di Kota Wuhan. Yang kini kita semua sebut dengan nama virus corona atau covid – 19.

Virus ini berbahaya karena menyerang pernafasan manusia, jika ada manusia yang memiliki penyakit komorbid atau penyakit bawaan, tentunya akan membuat bahaya bagi yang terpapar.

Meskipun virus ini berbahaya, kita juga bisa memmcegarnya yaitu dengan menjaga pola makan dan pola hidup sehat. Pola hidup sehat perlu dilakukan untuk meningkatkan imunitas sang penderita.

Sejak awal kasus ini ada didunia, hingga januari 2022 sudah tercatat hampir 382 juta kasus, dan ada lebih dari 5 juta orang meninggal dunia karena kasus ini. Tentu hal ini sangat mengerikan, mengingat ada banyak manusia yang kehilangan karena virus ini.

Namun perlahan, para ilmuan dengan kecanggihan teknologi dengan cepat berhasil menciptakan vaksin covid – 19. Di mana vaksin ini bisa menjadi tameng untuk mencegah tertularnya virus corona, tak hanya mencegah, vaksin ini juga bisa mengurangi risiko yang mungkin saja terjadi pada orang yang terpapar.

Ada banyak jenis vaksin yang tersedia mulai dari Sinovac, Astra Zeneca, Pfizer dan masih ada lainnya. Namun pada intinya vaksin ini sama yaitu virus covid yang dilemahkan yang kemudian dimasukkan kedalam tubuh manusia. Sehingga jika ada virus yang masuk kedalam tubuh, maka virus yang  terkandung didalam vaksin ini bisa mengenali virus yang masuk sehingga sudah bisa melakukan perlawanan.

Selain vaksin yang bisa mencegah serta mengurangi resiko dari terpaparnya virus corona ini. Anda juga disarankan untuk menerapkan pora hidup sehat, yaitu makan makanan bergizi baik yang dibutuhkan oleh tubuh, berolahraga, serta menjaga kebersihan lingkungan.

Tak hanya itu saja, penyebaran virus corona juga bisa dicegah dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat seperti selalu menggunakan masker ketika diluar rumah, menggunakan handsinitizer, rajin mencuci tangan, menghindari kerumunan, hingga menjaga  jarak.

Tujuan dari diterapkannya protokol kesehatan ini adalah untuk mencegar penyebaran virus. Apalagi virus ini sangat mudah untuk menular dari satu orang ke orang lainnya hanya melalui udara. Maka menggunakan masker dan menghindari kerumunan aalah solusi yang tepat.

Meskipun kini sudah banyak orang yang sudah melakukan vaksinasi, bahkan sampai dengan vaksin booster di mana vaksin dilakukan sampai dengan tiga kali. Namun baru – baru muncul varian baru yaitu omicron.

Omicron ini kabarnya sudah banyak menyerang manusia, namun gejalanya tidak separah dengan gelombang covid sebelumnya. Namun Anda tetap harus peduli dengan kesehatan diri sendiri. Anda tetap harus menggunakan masker, menjaga jarak aman, dan mengurangi mobilitas di luar rumah. Keberhasilan untuk menekan penyebaran virus corona ini, bukan semata – mata tugas pemerintah, namun ini tugas semua orang, untuk sama sama menjaga sesame agar corona cepat hilang, dan kitab isa menjalani aktivitas seperti biasa. Itu tadi, pengertian dari artikel serta contoh artikel prediktif. Semoga bermanfaat.

2/5 - (3 votes)