Jarang Update Konten, Tapi Kok Page 1? Ini Jawabannya!
Home » Blog » SEO » Jarang Update Konten, Tapi Kok Page 1? Ini Jawabannya!

Jarang Update Konten, Tapi Kok Page 1? Ini Jawabannya!

Hallo! Kembali lagi bersama kami. Seperti biasa pada edisi kali ini. Kami akan membahas tentang pertanyaan-pertanyaan terpilih, dari program belajar SEO 2020, yang kami adakan setiap hari Rabu secara rutin.

Kami ingatkan, bagi Anda yang tertarik ingin mengikuti program ini. Anda bisa join di grup WA belajar SEO 2020. Dan perlu Anda ketahui bahwa program ini kami adakan secara GRATIS.

Join Grup WA Belajar SEO 2020. Klik di Sini.

Tetapi kami ingatkan, bagi yang sudah join di grup satu atau grup 2. Kami sarankan Anda tak perlu join lagi di grup yang lainnya. Karena dari beberapa grup yang kami buka isinya sama saja. Jadi Anda cukup join di satu grup saja.

Oke, langsung saja masuk ke pertanyaan.

“Assalamu’alaikum…, Mas defri mau tanya. Kompetitor saya jarang update artikel. Artikel yang di tulis hanya untuk penjualan saja. Website saya sering update artikel & da pa lebih tinggi, tapi mengapa posisi kompetitor lebih tinggi. Saya cek di ahrefs backlink dia juga tidak terlalu baik. Mohon bantu jawab mas Defri.” 

Baik, pertanyaan yang pertama bahwakompetitor saya jarang update artikel, artikel yang ditulis hanya untuk penjualan saja.” Sebetulnya kalau menurut saya melihat dari tulisannya. Sebenarnya kompetitor Anda bukan tidak update, tapi tetap update konten. Namun, hanya konten penjualan. Apakah ini bermasalah?

Tentu tidak masalah dan tidak ada bedanya. Anda mau update artikel penjualan ataupun artikel tentang sharing, yang terpenting upate secara rutin. Dan kalau posisi website Anda sudah bagus. Apakah harus update setiap hari juga?

Tentu, yang baik adalah Anda tetap update setiap hari secara rutin. Namun, jika dirasa website Anda sudah baik dan kuat dari segi apaun, dan tidak memiliki waktu luang dalam update konten, Anda bisa melakukannya 2 atau 3 kali dalam seminggu.

Sebagai contoh yang kami lakukan di website defriansyah, yang menurut kami sudah lumayan kuat dalam nice SEO, kami update artikel di sini hanya 2 hingga 3 kali dalam seminggu. Apakah peringkatnya masih tetap bagus? Alhamdulillah masih tetap bagus.

Sekali lagi kami tekankan, mau artikel jualan ataupun artikel sharing. Semuanya tidak ada masalah yang penting website Anda update konten.

Kemudian pertanyaan yang kedua yaitu “Website saya sering update artikel & da pa lebih tinggi.” Nah, untuk kasus ini. Ada satu catatan bagi Anda semua. DA.PA, itu bukan penilaian dari Google. Tapi, penilaian itu dari mos.com.

Jadi, maksudnya meskipun DA PA website Anda tinggi, lalu tak lantas website Anda peringkatnya akan semakin bagus. Sebagai contoh yang terjadi pada kasus website defriansyah yang kami tangani.

DA PA-nya sangat kecil, namun peringkatnya tetap tidak berpengaruh. Masih kokoh di posisi page 1 dari sebagian kata kunci yang kami targetkan. Meskipun jika ditelusuri kompetitor-kompetitor di bawahnya ternyata DA PA-nya jauh lebih tinggi dibandingkan dengan website kami.

Jadi kami tekankan kembali. DA PA merupakan penilaian dari mos.com. Maka, bagi Anda yang memiliki website DA PA-nya kecil. Hal tersebut tidak terlalu berpengaruh mengenai masalah peringkat.

Lalu, lanjut ke pertanyaan ketiga yaitu, “saya cek di ahrefs backlink dia juga tidak terlalu baik. Mohon bantu jawab mas Defri.”  Oke, backlink tidak terlalu baik itu, maksudnya seperti apa dulu, nih. Kalau yang dimaksud dengan kuantitas kurang banyak. Sebetulnya hal tersebut tidak menjadi masalah.

Sebab, backlink pada saat ini cenderung lebih mengutamakan kualitas ketimbang kuantitas. Bahkan perbandingan satu backlink berkualitas dengan backlink kuantitas. Nilainya bisa mencapai seratus hingga seribu kali lebih bagus dari pada backlink yang mengutamakan kuantiti atau backlink spam.

Maka, jika kami simpulkan bahwa kemungkinan besar website tersebut bukan tidak update artikel, tetapi dia tetap update meskipun hanya artikel penjualan. Kemudian dari DA PA, hal itu tidak menjadi prablem. Karena bisa saja meskipun DA PA kecil bisa saja posisinya bisa lebih bagus dari yang lainnya. Sebab itu bukan merupakan penilaian dari Google.

Lalu dari backlink, sedikit tidak menjadi masalah, meskipun jumlahnya sedikit. Sedikit jika kualitasnya lebih bagus, justru itulah yang diharapkan Google saat ini. Dan terakhir, kalaupun di backlinknya kalah, berarti dia menang di user experience. Itu juga merupakan salah satu penilaian Google.

Nah, itu mungkin yang bisa kami jelaskan kepada Anda. Jika, dirasa tulisan ini, kurang memahamkan, silakan Anda tonton vidio di atas. Semoga bermanfaat. Terimakasih telah meluangkan waktu untuk membaca artikel ini. Sekian, sampai jumpa di lain waktu.  

Join Grup WA Belajar SEO 2020. Klik di Sini.

shares