Nama Domain Sama dengan Keyword, Masih Pengaruh Kah?
Home » Blog » SEO » Nama Domain Sama dengan Keyword, Masih Pengaruh Kah?

Nama Domain Sama dengan Keyword, Masih Pengaruh Kah?

Assalamu’alaikum wr.wb.

Baik, kembali lagi bersama kami di Q & A, menjawab pertanyaan-pertanyaan seputar SEO, yang kami adakan di grup WA belajar SEO 2020.

Seperti biasa pada hari rabu, kami mengadakan sesi live rutin belajar SEO, jika Anda belum bergabung bersama kami. Maka, silakan join bersama kami di grup wa belajar SEO 2020, dan program ini, kami adakan secara GRATIS, alias tanpa biaya sepeser pun.

Untuk ikut bergabung, Anda bisa masuk lewat link berikut ini. Grup WA Belajar SEO 2020.

Q & A ke 23

Nama: Deka

Domisili: Jember, Jawa Timur

Bisnis: Travel

Pertanyaan:

1. Untuk algoritma saat ini apakah bisa menjadi top rank, jika nama domain kita tidak ada unsur kata kunci? Sedangkan kompetitor memiliki nama domain dengan unsur kata kunci?

2. Jika di range 1 – 10, berapa nilai dari pengaruh nama domain terhadap SEO?  

Terimakasih, sudah memberikan kesempatan bertanya.

Jawab.

Untuk menjawab pertanyaan ini, Anda bisa mempraktekannya dengan langsung cek di halaman pencarian Google. Lalu, lihat kata kunci yang bersangkutan yang ingin di jadikan target, perhatikan juga dari setiap kompetitor.

Sebagai contoh kita kata kunci yang terkait dengan SEO, jika kita ketikan di Google, dan hasil dari yang kita telusuri dari halaman pertama Google, ternyata dari posisi satu hingga tiga, kata kunci yang terkait dengan SEO, pada kenyataannya di domainnya tidak ada yang memakai nama kata kunci SEO, semuanya memakai nama brand masing-masing yang tidak ada kaitannya dengan kata kunci SEO.  

Nah, jadi jika pertanyaanya: Untuk algoritma saat ini apakah bisa menjadi top rank, jika nama domain kita tidak ada unsur kata kunci? Jawabannya sangat bisa. Jadi untuk algoritma saat ini hal tersebut tidak terlalu berpengaruh.

Kemudian pertanyaan yang kedua: Jika di range 1 – 10, berapa nilai dari pengaruh nama domain terhadap SEO? Oke, untuk nama domain, atau keyword di dalam domain itu, hanya satu faktor dari 200 faktor dari penilaian Google. Artinya apa? Artinya jika kehilangan hanya satu faktor, yaitu hanya keyword di domain, hal tersebut tidak menjadi masalah, jikalau beberapa faktor lainnya sudah Anda penuhi.

Oleh karena itu, perlu Anda fahami bahwa cara Google menyusun peringkat setiap websitenya yaitu dari 200 faktor. Nah, jika seandainya website A bertarung dengan website B, di antara keduanya website mana yang sudah atau paling banyak memenuhi dari faktor-faktor yang telah ditentukan itu.

Apabila website B ternyata lebih banyak mendapatkan nilai dari pada website A, maka secara otomatis website A akan kalah bersaing dari website B. semakin banyak faktor-faktor yang di inginkan Google terpenuhi, maka akan semakin bagus website Anda dalam pengaruh peringkat.

Lantas pertanyaannya, apa saja dari 200 faktor tersebut?

Salah satunya yaitu, kecepatan akses, kata kunci ada di meta title, meta description, kata kunci ada di URL, dan lain-lainnya. Nah jika faktor-faktor tersebut sudah Anda penuhi, maka website Anda akan sangat berpengaruh terhadap posisi peringkat. Maka kalau di range antara 1 sampai 10, kemungkinan hanya lima saja.

Sebab, karena cuma kehilangan sati faktor. Yang menurut hemat kami tidak terlalu masalah, asalkan faktor-faktor lainnya sudah Anda penuhi. Dan saran kami, sebaiknya Anda lebih mengutamakan nama brand yang mau dipakai saja. agar produk Anda mudah dikenal banyak orang.

Oke, mungkin itu saja yang bisa kami jawab dari pertanyaan kali ini. Sekali lagi, bagi Anda yang ingin join bersama kami di Grup Belajar SEO 2020, silakan masuk melalui link yang telah kami sediakan.

Sampai jumpa di pembahasan Q & A berikutnya. Kami tunggu kehadiran Anda, ya!   

shares