Ceritanya, beberapa hari yang lalu ada seseorang chat menanyakan soal pembuatan website. Tidak sekedar bertanya, tapi beliau juga ngotot pengen ketemu.

Namanya Pak Lulu, rumahnya di Bogor. “Bisa ngga bisa harus ketemu mas! Saya yang ke Jakarta atau mas yang ke Bogor” tegasnya melalui chat di WhatsApp.

 

Bapak ini umurnya sudah 50 tahun lebih. Karena semangat belajarnya yang luar biasa, akhirnya saya yang menyempatkan diri berkunjung ke kediamannya di Bogor.

Sampai di rumahnya, Pak Lulu langsung bertanya panjang lebar soal website. Karena saya penasaran dengan alasan yang mendorong dia untuk belajar, akhirnya ngga tahan juga untuk bertanya kenapa ngotot ingin belajar bikin website.

 

Ternyata, dia bukan tidak punya website. Dia sudah punya 3 (tiga) website. Dan bahkan salahsatunya sudah menghasilkan milyaran rupiah. Dari websitenya itu dia menang tender untuk pengadaan bibit nanas oleh Pemerintah di Kalimantan. Loh, kok bisa websitenya nyasar sampai ditemukan Pemerintah Kalimantan? Iya, itulah kehendak Allah, mempertemukan dan menghubungkan orang yang jauh dengan wasilah sebuah website ditambah sedikit sentuhan iklan di google adwords.

 

Dibalik semua keberhasilannya. Ternyata Pak Lulu punya kendala, semua website itu dibuatkan oleh tetangganya. Dan sekarang tetangganya susah dihubungi ketika diminta untuk update stok dll. .

 

“Pokoknya saya harus bisa mas” ungkapnya dengan penuh semangat. Akupun jadi ikut semangat melihat semangatnya yang berkobar-kobar. Aku melihat ada satu hal menarik. Bukan soal petani milyader ini. Tapi aku jadi ngebayangin kalau tehnik yang dia pakai ini diajarkan kepada petani lain. Memasarkan hasil pertaniannya melalui website. Apa ngga pada kaya petani di negeri ini? .

petani melek website

 

Contoh sederhana, ketika petani singkong melek website dan langsung menjual singkongnya secara online. Mungkin harga singkong tidak serendah sekarang ini karena harus melewati pengepul dan distributor. Ditambah lagi kebijakan pemerintah yang memberlakukan impor singkong yang semakin membuat harga singkong terjun bebas. Semua faktor diatas bisa diatasi ketika rakyat bersatu padu dan bertekad untuk memberdayakan apa yang ada di negeri sendiri.

 

Ayo lah, yang punya ilmu cara membuat website, boleh lah ngajarin orang-orang yang punya usaha. Bikin mereka jadi melek website. Biar semakin banyak orang yang merasakan manfaatnya. Atau bagi yang ingin belajar bareng dengan Laskarseo juga boleh. Klik melekwebsite.com

 

Yuk langsung action. Biar semakin banyak orang-orang tergerak untuk mengajarkan dan membuat website. Dengan website, kita bisa menghubugkan yang tadinya terpisah. Dengan website, kita bisa mempertemukan yang tadinya saling mencari.

Rate this post