SEO On-Page VS SEO Off-Page, Mana yang Paling Penting?
Home » Blog » SEO » SEO On-Page VS SEO Off-Page, Mana yang Paling Penting?

SEO On-Page VS SEO Off-Page, Mana yang Paling Penting?

Artikel ini menjawab dari pertanyaan salah seorang peserta dari Grup Belajar SEO Gratis yang kami adakan setiap hari Rabu.

“Assalamu’alaikum mas defri. Semoga selalu sehat. Mas, saya mau tanya untuk optimalisasi agar di page one lebih penting seo on atau off page mas? Terimakasih.”

Oke, sebelum kami menjawab pertanyaan ini. Bagi Anda yang ingin mengikuti program ini, Anda bisa join di Grup Wa Grup Belajar Seo Gratis 2020 di link berikut ini.

Join Grup Klik ->> Belajar SEO 2020.

Oke, kita langsung masuk pada pembahasan. Kalau Anda bertanya tentang SEO On-Page VS SEO Off-Page, lebih penting mana? Sebenarnya dari keduanya ini saling melengkapi. Jadi tidak bisa saya katakan SEO On-Page lebih penting, atau sebaliknya.

Tetapi, berbeda permasalahannya, jika saya harus memilih, Mas mana yang bagus antara SEO On-Page dan SEO Off-Page. Maka saya akan memilih SEO On-Page. Lah, kenapa demikian. Karena kalau SEO On-Page-nya dioptimasi, meskipun hanya SEO On-Pege, maka website tersebut masih bisa masuk ke halaman 1 Google. Meskipun yang masuk kehalaman pertama itu kata kunci yang terendah.

Sedangkan jikan memilih optimasi SEO Off-Page, meskipun peluang masuk ke halaman satu Google ada, namun dengan catatan hal tersebut memiliki resiko sangat tinggi, yaitu website akan mental.

Bahkan jika salah dalam pengerjaannya, sebelum bisa masuk ke halaman satu Google bisa saja website itu langsung mental terlebih dahulu karena dianggap melanggar peraturan dari Google.  Dan sepengalaman saya selama mengajar, saya akan mendahulukan SEO On-Page terlebih dahulu.

Sekilas cerita singkat dari saya selama mengajar SEO.

Semenjak saya mengajar dari tahun 2015, baik itu kelas berbayar, kelas SEO online, maupun offline. Setiap saya mengajar kurang lebih sudah lima tahunan, saya selalu mendahulukan SEO On-Page terlebih dahulu, dan mereka langsung kerjakan dengan baik.

Biasanya dengan SEO On-Page saja, mereka sudah mendapatkan penghasilan dari sana. Karena biasanya kata keyword-keywor tertentu (saingannya) lebih rendah biasanya akan masuk lebih dahulu.

Dan itu sudah banyak yang terjadi di para peserta yang kami tangani. Padahal itu belum masuk ke tahap SEO Off-Page. Tapi, kalau keduanya sama-sama dikerjakan tentu akan lebih bagus serta maksimal dalam pertumbuhan website Anda. Nah, lantas bagaiman cara pengerjaannya jika keduanya ingin dikerjakan secara bersamaan. Bagaiman tahapan-tahapannya?

Berikut tahapan-tahapan yang harus Anda lakukan.

1. Bangun website terlebih dahulu.

Saya sarankan sebelum Anda masuk kepengerjaan yang lain, Anda buat website terlebih dahulu. Dan pastikan website yang Anda buat bukan website yang gratisan (berbayar). Karena kenapa? Sebeb jika website gratisan, sejatinya Anda hanya numpang, tidak memiliki hak milik, jadi Anda tidak bisa berkuasa lebih jika terjadi sesuatu.

Contoh website gratisan seperti apa? Contohnya seperti defriansyar.belogspot.com atau defriansyah.wordpress.com, dan lain-lain.

2. Riset keyword.

Sebelum Anda membuat konten. Pastikan Anda sudah melakukan riset keyword. Hal ini sangat penting karena dengan riset keyword Anda akan mengetahui kata kunci apa saja yang bisa menghasilkan serta tahu kata kunci mana yang paling banyak di cari oleh user.

3. Buat konten.

Setelah Anda riset kata kunci, baru tahap selanjutnya membuat konten; konten seperti tentunya konten artikel seo friendly, apalagi jika konten tersebut merupakan salah satu konten yang mau Anda optimasi, tentunya harus benar-benar bagus dan meyakinkan banyak orang. Samapi konten tersebut mencapai 50 atau lebih.

4. Backlink.

 Dan ditahap selanjutnya, baru masuk ke tahap backlink. Dengan catatan. Meskipun mungkin sebelum Anda melakukan Backlin. Sebagian kata kunci yang dioptimasi sudah ada yang masuk.

Jika kata kunci yang ditargetkan belum bisa mencapai target yang diinginkan, Anda bisa melakukan tahap ini, sampai benarbenar masuk ke halaman yang diinginkan. Jika sudah masuk, Anda hanya cupun melakukan update konten saja.

Oke, mungkin itu saja penjelasan dari saya. Semoga dengan penjelasan singkat ini bisa memberikan manfaat untuk kemajuan website Anda. Sekali lagi saya ingatkan. Jika Anda ingin mengikuti program Belajar SEO 2020 Gratis. Anda bisa masuk di link berikut ini.  

Join Grup Klik ->> Belajar SEO 2020.

shares