Website Gratisan Hanya 2 Konten Page 1, Kok Bisa?
Home » Blog » SEO » Website Gratisan Hanya 2 Konten Page 1, Kok Bisa?

Website Gratisan Hanya 2 Konten Page 1, Kok Bisa?

Assalamualaikum…

Apa kabar teman-teman semua? Semoga Anda tetap dalam keadaan sehat selalu di mana pun berada.

Baik, sangat senang rasanya bisa jumpa lagi dengan teman-teman semua di sesi Q & A yang ke 22. Dimana Q & A ini membahas seputar pertanyaan-pertanyaan terpilih pada saat masuk sesi tanya jawab di grup whatsapp belajar SEO 2020.

Program ini kami adakan secara rutin seminggu sekali, tepatnya pada hari rabu sore atau malam, yang diampu langsung oleh master kita Pak Defriansyah.

Beliau merupakan seorang pakar sekaligus seorang praktisi di dunia digital marketing terkhusus di bidang SEO specialist. Jika Anda ingin ikut belajar bareng bersamanya, Anda bisa join di grup whatsapp belajar SEO 2020 di link berikut ini.

Belajar SEO 2020 ->> Klik di Sini. Program ini Gratisss…, tanpa dipungut biaya sepeser pun.

Oke, kita langsung masuk ke pembahasan.

Nama: Chandra. Asal: Kota semarang

Pertanyaan:

“Sy pnya situs wordpress gratisan yg sy buat skitar 2 tahunan yg lalu. Yg sebelum perubahan algoritma trbaru di halaman pencarian muncul di halaman 2 ke atas. Stelah perubahan algoritma, bisa di halaman satu dan bisa sampai rating atas, ketiga kadang keempat. Padahal cuma sy posting 2 artikel saja. Hal ini dikarenakan apa y mas? Dan bahkan bisa melampui jauh perbedaanya dgn website berbayar yg sy kelola dgn byk artikel….”

Jawab:

Saya ambil kesimpulan dari pertanyaan ini adalah maksudnya ia mengelola lebih dari satu website, yang pertama adalah website gratisan, dan yang kedua website yang berbayar. Nah yang menjadi pertanyaannya adalah kenapa website yang gratisan bisa lebih bagus peringkatnya ketimbang website berbayar? Padahal website yang berbayar rutin posting artikel sedangkan website yang gratisan hanya posting 2 artikel saja tapi bisa masuk halaman 2 google di atas?

Nah, untuk permasalahan ini sebetulnya ada beberapa faktor yang membuat website tersebut demikian, namun pada pembahasan ini kami akan menjelaskan 3 faktor yang dapat mempengaruhi peringkat website. Lalu, apa saja ketiga faktor itu? berikut penjelasannya.

Tiga faktor utama penyebab website Anda bisa seperti itu.

1. Keyword persaingan rendah

Keyword persaingan renda menjadi salah satu sebeb yang mempengaruhi peringkat pada website Anda. Karena kenapa? Karena menurut kami untuk kata kunci persaingan tinggi sangat jarang sekali website gratisan bisa masuk halam satu Google, ‘jarang bukan berarti tidak ada’ rata-rata semuanya diisi oleh website top yang berbayar. Apalagi jika kata kunci yang ditarget mengandung kata kunci penjualan.

Hal ini juga karena akan mempengaruhi dari user experience, ketika orang mencari sesuatu apalagi jika mengandung keyword penjualan, kalau yang muncul adalah website yang gratisan tentu orang akan meragukan dari perusahaan tersebut.

Sebab mereka akan mempertanyakan kualitas dari perusahaan itu sendiri. Jika memang ia sekelas perusahaan dan websitenya memakai domain gratisan, tentunya sangat tidak logis. Nah dengan pengaruh dari user experience itu lama kelamaan website gratisan akan turun dan tergantikan oleh website-website yang berkualitas.

2. Keyword edukasi

Kasus yang kedua adalah keyword edukasi, dimana mungkin bisa saja ia berada di halaman depan dengan kata kunci persaingan tinggi, namun keyword yang tertarget adalah kata kunci edukasi. Karena kenapa? Sebab kalau keyword edukasi, orang tidak akan memperdulikannya.

Seperti contoh Anda mencari teknik SEO 2020, kemudian yang muncul adalah website yang berbayar dan gratisan. Nah, tentunya Anda tidak akan peduli dengan itu semua, karena pada intinya Anda sedang mencari teknik SEO 2020, jadi bisa saja website seperti apaun juga akan Anda buka.

Dan pada dasarnya di situ Anda tidak terjadi transaksi atau jual beli, yang Anda cari hanyalah teknik SEO 2020, yang pastinya ada akan mencarai sebanyak-banyaknya dari berbagai sumber untuk referensi bacaan saja. Kalau untuk keyword penjualan, maka akan sangat sulit sekali bisa masuk ke halaman utama goole untuk website gratisan.

3. Pengaruh authority domain utama (wordpress)

Faktor utama dan yang terpenting adalah pengaruh authority domain utama (wordpress). Jadi walaupun Anda domainnya dari wordpres.com, itu tetap authority wordpressnya akan kebawa.

Hal ini sering terjadi pada website yang kami kelola, dimana ketika kami melakukan backlink yang dulu masih menggunakan blog-blog gratisan, biasanya waktu awal kita optimasi, artikel-artikel backlink tersebut malah sering naik lebih duluan meskipun baru ada 2 artikel. Karena kenapa? Karena sebabnya authority dari wordpresnya sudah cukup tinggi. Sedangkan website utamnya karena baru dibuat yang otomatis authoritynya masih rendah.   

Nah, itu mungkin tiga hal yang mempengaruhi kenapa website gratisan bisa masuk halaman google di peringkat atas lebih dulu, dan bisa mengalahkan website berbayar meskipun jumlah artikelnya masih sedikit.

Yang pada intinya adalah kalah dari authority. Tetapi lama ke lamaan apakah bisa naik dan mengalahkan website gratisan? Tentunya saja sangat bisa, meskipun kata kunci yang ditargetkan mengandung penjualan dan memiliki persaingan tinggi. Dengan catatan Anda terus konsisten dalam melakukan optimasinya.

Sekian semoga bermanfaat.

shares